Selasa, 04 Maret 2014

Nyaman dengan Komentar Moderasi

Email spam
Semua berawal dari spam. Email spam, eh ini gantian di blog penuh dengan komentar spam. Kejadian ini belum lama terjadi dan masih berlangsung sampai sekarang. Ngerinya tiap hari pasti ada komentar spam. Rata-rata per hari ada dua komentar spam. Komentar spam ini biasanya dengan nama “Anonim” dan komentarnya berbahasa Inggris.

Komentar Spam di blog
Dulu, waktu ada teman yang mengeluh tentang komentar spam, aku mikir, alhamdulillah punyaku aman-aman saja nggak ada komentar spam sama sekali. Eh, sekarang? Apa mungkin komentar spam itu dipengaruhi oleh semakin ramainya blog seseorang? Ah, kalau blog punya teman iya, punyaku kan belum ramai-ramai banget.

Komentar spam tak akan pernah kita ketahui kapan datangnya. Salah satu jalan ter-apik yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan komentar moderasi. Memang, kalau semula tidak menggunakan komentar moderasi dan kemudian ada pengunjung blog yang sudah terbiasa datang akan kaget. Meskipun sudah ada tulisan “Komentar anda akan muncul setelah disetujui”, ada juga yang komentar lebih dari satu karena mengira komentarnya tidak muncul. Apakah itu termasuk kamu?

Terkhusus untuk pengunjung blogku, mohon maaf ya atas ketidaknyamanan ini. Tapi, tolong dihargai juga keputusanku, karena dengan menggunakan komentar moderasi aku merasa lebih nyaman dan tenang. Komentar bisa aku pilah-pilah mana yang bisa dan cocok untuk aku tampilkan.

Nah, berikut ada dua kriteria komentar yang akan aku tampilkan:
  1. Tidak menggunakan pengenal “Anonim”
  2. Komentar berbahasa Indonesia dan berhubungan dengan postingan
  3. Bukan komentar iklan
Mudah bukan syaratnya? Yuk, kita berkomentar dengan baik. Empunya blog nyaman, pengunjung juga pastinya.

8 komentar:

  1. Pagi mbkkk...lm g siltrhmi.apa kbr???saya jg sering tp lgsg dihapus ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi Mbak :)
      Alhamdulillah baik Mbak :)
      Aku-nya yang jarang nongol Mbak, mohon doa Mbak untuk skipsiku ya Mbak :)

      Hapus
  2. komentar saya masuk kriteria kan mak? hehe......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak nggak nyambung sih Mak, tapi masuk. Hahahaha

      Hapus
  3. spammer itu emang kaya kutu loncat...nempel di kotak komentar tanpa ada hubungan dengan isi postingan itu sendiri..artinya mereka (para spammer) kemungkinan besar ga akan baca postingan kita.. Padahal Blogger yang baik, ga cuma pandai menulis, tetapi pandai membaca :)
    Salam kenal salam bloof :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dengan Padahal Blogger yang baik, ga cuma pandai menulis, tetapi pandai membaca :)

      Hapus